[email protected] 0851-4124-5328

Tradisi Bersih Dusun di Desa Ngambarsari

  • Yusuf
  • SENI DAN KEBUDAYAAN

ngambarsari.desa.id - Banyak daerah di Indonesia yang masih melestarikan tradisi bersih desa atau bersih dusun. Akan tetapi ada beberapa desa yang  sudah meniadakan.

Bersih desa itu sendiri merupakan bagian dari kebudayaan yang ada di Indonesia yang eksistensinya telah tumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman yang ada.

Begitupun dengan yang ada di Desa Ngambarsari, Kecamatan Karangtengah. Contohnya kegiatan bersih dusun di dusun Ngunut yang dilaksanakan pada Kamis, 23 Mei 2024 ini merupakan budaya atau adat istiadat yang berkembang sejak dulu dan hingga saat ini masih ada.  Kegiatan bersih dusun Ngunut diawali dengan kerjabakti di pedanyangan Dungsapi. Dilanjutkan pada sore hari dilakukan selamatan di rumah Tokoh Masyarakat setempat. Hadir dalam acara selamatan ini tokoh masyarakat yang ada di wilayah dusun beserta warga sekitar. 
 

Selamatan Bersih Dusun di Dusun Ngunut unik sekali. Setiap keluarga datang di tempat selamatan dengan membawa beberapa pincuk nasi dan se rantang sayuran santan pedas. Setelah didoakan oleh tetua Dusun kemudian nasi dan sayur akan saling ditukar untuk dibawa pulang kembali dan dinikmati bersama keluarga di rumah.

Dari tradisi ini terlihat sekali bentuk persatuan warga dan gotong royong tanpa membedakan status sosial. Selain acara selamatan, selanjutnya untuk malam harinya ada acara Lek-lek an, atau terjaga semalam suntuk.